Gunung vs Pantai? Gw sih pantai, laut, pulau, dsb :D (part I)

Yak, ini pertanyaan yang sering keluar pas mau liburan waktu jaman gw masih sekolah dulu.. yah berhubung dulu lokasi gw di Bekasi, ke gunung (Puncak, Bogor) cuma sekitar 1,5 jam (kalo gak macet), ke pantai (Ancol) juga 1,5jam (kalo gak macet)..

Dan gw juga yakin kalian pasti pernah dapet pertanyaan ini waktu lagi ngomongin liburan..

Dulu waktu gw masih belia (#tsaaah), gw bingung mau milih gunung apa pantai. Kalau gunung? adem, rasa private di villa, berenang sepuasnya (padahal gak bisa), nyantai sepuasnya, barbekyu-an malem-malem, kambing guling, jalan-jalan malem.. Kalau pantai? pemandangannya mantep, suara ombak berderu-deru, tiupan angin laut, cari kerang-kerangan, main pasir, dll.

Tapi sekarang, kalo kasih liburan gratis dan disuruh milih gunung atau pantai, gw pasti akan milih PANTAI !! dan kalo disuruh milih lagi, gw akan milih pantai di pulau-pulau kecil.. kenapa? karena gw ngerasa ga akan ada yang bisa ngegantiin rasa tenangnya gw saat ngelihat air dan ombak di pantai.. hehe..

Nah,, ini beberapa pantai yang menarik mata gw,, beberapa juga udah pernah, dan akan gw kunjungin (amin)..

1. Pantai Ancol

Pantai Ancol di siang hari, bukan musim libur

Tempat wisata ini ada di sebelah utara Jakarta, dan gw rasa mayoritas orang jaman yang sering nonton tv pasti tau Pantai Ancol, soalnya iklannya sering muncul tuh dengan lagunya “… di Tamaan Impian Jayaaa Ancooll. Funtastic!”. Pantai ini bisa dikatakan sebagai “pantai rakyat”, dikarenakan harga tiket masuknya yang lumayan murah (kalo ga salah terakhir gw kesana masih 15rb untuk pejalan kaki, 10rb kalo yang naik busway). Nah pantai ini juga super duper padat pada waktu musim liburan anak sekolah, libur taun baru, sama libur lebaran,, jumlah orangnya? beehh.. ibarat migrasi kepiting di musim kawin (pernah liat belom? sama, gw jg belom haha).. Nah sebernya sih yang bikin gw tertarik bukan pantainya, (pasir pantainya biasa aja, malah cenderung kotor gara-gara keramean),  melainkan angin lautnya, deru ombaknya, sama jembatan kayu yang memanjang dari pantai ke sebuah restoran di tengah laut yang namanya Le Bridge.. Nah yang belom kesana, rasain deh, sensasi jalan diatas jembatan kayu menuju tengah laut,, apalagi pas sunset.. apalagi bawa pac… ah sudahlah :D..

Nih pemandangannya kalo malem

Image

Le Bridge di senja menjelang malam

 

 

2. Pantai Pulau Semak Daun

Image

Pulau Semak Daun

Pulau semak daun adalah salah satu pulau kecil di Kepulauan Seribu, yang terletak di utara Jakarta. Bagi pemudi-pemuda Jakarta, pasti ga asing lagi dengan Kepulauan seribu, terutama pulau Tidung, pulau Pramuka, pulau Macan, dan lain-lain. Ya, Kepulauan seribu merupakan salah satu wisata kepulauan yang tergolong murah, dan mudah dijangkau dari Ibukota Jakarta. Hanya dengan 400-500rb rupiah per orang (harga paket wisata termurahnya), kita udah bisa bermalam dan menikmati keindahan pulau-pulau seribu, seperti layaknya pulau pribadi, snorkling sepuasnya, bersantai di cottage, sepedaan keliling pantai, barkekyuan versi seafood, dll. Tentunya, semakin besar budget yang kita keluarkan, semakin mewah fasilitas yang kita nikmati.

Nah, Pulau semak daun ini, hampir selalu ada di setiap rundown paket yang ditawarkan oleh para tourguide. Pulau semak daun ini memang terkenal dengan pantainya yang tenang, dan rasanya bener-bener private, selain itu P. Semak Daun juga sering dijadikan spot snorkling favorit. Wah penasaran kan? Sama gw juga T_T, udah sering rencana, tapi belom kesampean nih..

Image

Pulau Semak Daun, foto dari dermaga

Image

Pulau Semak Daun, foto dari atas kapal

Image

Pemandangan bawah laut, hanya 30-50m dari bibir pantai P. Semak Dau

 

 

 

3. Pulau Bali

Image

Nah, ga perlu gw terangin lagi, semua orang pasti tau Pulau Bali. Yak pulau dengan julukan “pulau dewata” ini emang udah terkenal hingga ke mancanegara sejak dulu kala. Wisata pantai disini terutama banyak diminati oleh bule-bule yang pengen bejemur (tanning), surfing, atau sekedar mabok minuman keliling-keliling (serius gw pernah ketemu bule macem ini, rese abis haha). Ya, gw ga akan pernah nolak kalo diajak lagi liburan ke Bali :D. Beberapa pantai yang gw kunjungin disana adalah:

a. Pantai Kuta

Image

Pantai Kuta, sore, waktu surut

Image

Pantai Kuta, siang bolong

Image

Sunset di Pantai Kuta

Ini pantai yang paling penuh bule-bule yang gw bilang tadi. Pantainya luasssss. Luas abis, capek juga kalo ada anak sd dihukum lari keliling pantai, haha.. ombaknya mantep, wajar banyak yang surfing disini. Selain itu, ga jauh dari pantai juga rame tempat-tempat dugem (diskotik), jadi yaa wajar aja kalo banyak bule bertebaran disini, bahkan yang gw liat lebih banyak dari orang lokal.

b. Pantai Jimbaran

Gw ga ngerasain langsung gimana penampakannya pantai ini kalo siang, tapi kalo malem, sepanjang pantai ini rame banget sama kursi-kursi dan meja resto. Yaa,, disini merupakan pusatnya penikmat sensasi makan di pinggir pantai. Suasananya romantis gitu, di tengah gelap malam, duduk dengan ditemani cahaya lilin-lilin di meja dan di lampion, kaki beralaskan pasir,, ditemani suara deru ombak dan juga terkadang ada selingan musik live berkualitas dari bli-bli aseli Bali..

Image

Pantai Jimbaran waktu siang (sumber: Google)

Image

Senja di Jimbaran. Masih rada sepi. Kurang romantis apalagi gan?

Image

Jimbaran waktu Malam. Ramenya naujubileh.

 

c. Pantai Dreamland

Di perjalanan gw kesini, gw agak bingung, gimana enggak? Kata tour guide kita mau ke pantai dreamland,, tapi sepanjang jalan kok banyak tanjakannya, jadi ini pantai apa gunung?.. pas masuk ke gerbang suatu kompleks, tourguidenya bilang, nah udah nyampe nih, gw liat kiri kanan depan, trus penasaran, lah mana pantainya ? ==”. Tourguidenya bilang, seluruh kompleks ini punya Guruh Soekarno Putra (gw ga tau bener ga), dia bilang pantainya itu emang agak tersembunyi, jadi ga langsung keliatan, kita harus masuk lewat restoran Kelapa, baru bisa turun ke pantai, soalnya pantai Dreamland ini fasilitas resto. Dari situ kami turun, trus masuk ke restoran yang dimaksud, biaya masuknya 100rb, tapi udah termasuk voucher makan di resto. Jalan setapak masuk ke restonya keren, berkelas gitu deh,  kami udah ngerasa salah kostum disitu, soalnya cuma pake celana pendek bunga-bunga plus baju barong haha.. Sampai di resto baru keliatan yang namanya pantai Dreamland, yah memang bagus, dengan ombak berderu-deru yang gak kalah dari Kuta, bahkan menurut gw ini lebih gede ombaknya. Disana kami ga buru-buru turun ke pantai, kami menikmati dulu voucher 100rb yang ternyata cuma bisa dibeliin 1 minuman (cocktail dari wine, vodka, martini, dll) dan setengah porsi french fries ==”.  Oke, begitu turun ke pantai, pasirnya rasanya adem bener, ombaknya besar, dan disini gw jadi pengen surfing, kalo aja bisa. Kak Ferry (tourguide) bilang sunset disini bagus, kami tunggu sampai sunset, dan yak, memang bagus. 😀

Image

Saudara seperanakan dan sesepupuan di entrance KLAPA pkl 17.00.

Image

Pantai Dreamland. Foto diambil dari Resto KLAPA

Image

Lulu waktu umur 2thn, ponakan gw, di Pantai Dreamland.

 

 

4. Raja Ampat, bukan cuma pantainya, tapi lautnya, pulaunya, behh.

Raja Ampat memang belum menjadi daya tarik utama wisata Indonesia, tapi gw yakin kalau ditata dengan benar, wisata ini akan menjadi magnet utama turis ke Indonesia, bahkan bisa melebihi Bali (menurut gw). Raja Ampat terletak di bagian timur Indonesia, di Irian Jaya, nah mungkin ini juga yang jadi masalah yang harus dibenahi, soalnya tempatnya jauh dari Ibukota, Jakarta, dan transportasi ke sana masih kurang dibenahi. Keindahannya? Ah gw ga bisa menggambarkannya dengan kata-kata, soalnya gw juga belum kesana, jadi kita liat bareng-bareng aja ya fotonya 😀

Image

Raja Ampat Islands

Image

Spot main kano di Raja Ampat

Image

Misool Eco Resort, Raja Ampat

Image

Raja Ampat, The Hidden Paradise

Image

“Underwater Rainbow”, Raja Ampat

Yak mungkin segitu aja dulu tulisan gw tentang pantai, nah ini baru versi lokal, next gw akan lanjutin dengan Gunung vs Pantai part II tentang pantai-pantai yang menarik mata gw di mancanegara 😀 😀  Bookmark ya! 😀

Leave a Reply

